Mengeluh menambah beban kehidupan. Tuangkan dengan 6 rasa Syukur

Apakah anda pernah mengeluh. Tentu menjawab pernah bahkan sering melakukan. Mengeluh merupakan sebuah kondisi di mana keadaan tidak sesuai dengan harapan. Mengeluh ini bukan cara yang tepat dalam kehidupan karena akan menyulitkan diri. Karena mengeluh akan membuang semangat dan menambah rasa putus asa. Sehingga, apa yang anda lakukan seakan tidak berarti karena adanya perasaan mengeluh itu.

Memang tidak pernah dipungkiri mengeluh pernah terjadi. Apa jadinya ketika mengeluh ini terus dilakukan. Tentu akan membuyarkan seluruh apa yang telah dijadwalkan dalam kehidupan. Rasa bersyukur akan apa yang dimiliki tentu akan hilang secara perlahan. Apa yang terjadi? tentunya adalah rasa ketikdapuasan. Untuk itulah ada penting menjaga agar diri tidak mudah untuk mengeluh. Bagaiman caranya. Caranya dengan bersyukur. Adapun langkah beryukur itu akan dapat kamu temukan dengan beberapa hal berikut.

  1. Belajar terima kasih dari hal yang jarang kamu sadari

Belajar terima kasih ini dilakukan dengan orang yang ada di samping kamu. Misalnya dengan kehadiran orang tua ataupun teman-teman. Mereka meskipun sederhana. Tetapi mereka adalah harta yang paling berharga. Merekalah orang yang paling setia ketika diajak untuk curhat. Memberikan solusi bahkan membuat kamu tertawa. Selain itu, penting untuk disadari mereka diam justru diam itulah mereka sedang mendoakan kamu.

  1. Masih banyak orang yang dibawah anda

Ketika sedang mengeluh cobalah untuk berpikir sejenak kemudian memikirkan orang lain yang jauh di bawahmu. Mereka yang binggung untuk mencari pekerjaan bahkan tidak bekerja. Sedangkan kamu meskipun pekerjaan itu menurut kamu kurang pas justu memberikan kamu penghasila yang cukup. Ketika anda mengeluh coba untuk melakukan hal itu. Dengan cara itulah akan menyadarkan bagaimana untuk bersyukur.

  1. Syukuri apa yang anda makan. Meskipun menunya hanya itu-itu saja

Ketika sampai rumah kamu melihat meja makan hanya itu-itu hidangan yang tersaji. Setelah itu kamu mengerutkan dahi dan mengeluh. Cobalah untuk mengubah hal itu dengan cara bersyukur. Meskipun hanya lauk yang itu-itu saja. Justu di situlah letak keberkahan itu. Tanpa sajian itu anda tidak akan dapat melakukan kegiatan yang lebih. Toh itu merupakan hasil jerih payak kamu. Sepantasnya untuk disyukuri.

  1. Ingat apa yang membuat kamu tertawa Ternyata kamu masih bisa tertawa

Bahagia itu milik siapapun. Termasuk anda. Salah satu wujud kebahagian yang sederhan adalah tertawa entah dengan apa tertawa itulah. Mungkin hanya hal sederhana, biasa saja menurut orang lain justru membuat kamu terrtawa lepas. Dengan tertawa itulah yang akan melepaskan energi negatidf  yang ada di tubuh anda. Untuk itu, ingatlah apa yang membuat kamu tertawa. Sehingga akan membuat kamu lebih bersyukur.

  1. Lihatlah ada orang yang selau mendukung dan menyayangimu

Kehidupan yang sungguh sulit dan mencekik anda. Jangan dijadikan alasan untuk mengeluh. Apalagi melakukan tindakan untuk menyerah dan kalah. Lihatlah ada orang yang selalu menyayangi dan mendukung kamu. Mereka dengan penuh keyakinan bahwa anda akan berhasil menjalani kehidupan. Anda akan pulang dengan membawa segepok rupiah untuk sang istri, orang tua, bahkan anak kesayangan. Merekalah yang setiap saat memanjatkan doa untuk kamu. Doa dalam diam yang justru akan membuat kamu semakin nyaman dalam melangkah.

Tidak saja itu, mereka juga selalu mendukung kamu dalam berbagai hal. Tidak memerdulikan apa yang anda lakukan nanti berhasil atau tidak. Terpnting mereka yakin bahwa ditangan anda akan terus menemukan keberhasilan. Apakah anda ingin mengecewakan mereka dengan sebuah kalimat mengeluh?

  1. Ada tangan Tuhan yang selalu hadir

Yakinkan bahwa setiap kegagalan itu ada hikmah yang dapat dipetik. Kegagalan merupakan sebuah proses untuk menuju jalan keindahan. Tidak ada jalan yang mulus karena jalan mulus itulah tidak akan mendewasakan anda. Selain itu, yakinlah bahwa Tuhan akan selalu berada di dekat anda. Tuhan akan menganti segala kegagalan itu dengan keindahan yang tidak terkira sebelumnya. Yakinlah akan hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *