Di Balik Rasa Iri Ada Motivasi Diri yang Luas Biasa

 

Apakah anda pernah mengalami iri terdapat orang lain? Tentu anda pernah dan siapa saja pasti pernah mengalaminya. Iri merupakan sebuah kondisi di mana kita merasa kurang dengan orang lain. Merasa berada di bawahnya dan juga merasaka melakukan seuatau yang berada di bawahnya. Perasaa iri ini tentu dimiliki oleh siapa saja dan jangan pernah berpikir anda mengalami secara sendiri. Namun, yang menjadi pembeda iri ini ada batasan. Batasan yang tentu akan membuat tidak secara terus menerus terbelenggu dalan keirian itu.

Melalui iri inilah sering terjadi berbagai bentuk tindakan yang tidak rasional. Salah satunya adalah keinginan untuk menjatuhkan lawan dengan segala cara. Selain itu, muncul perasaaan selalu curiga terhadap teman yang selalu membuat kita seakan terbakar. Walaupuan orang lain hanya melakukan satu kegiatan kecil. Anda menaggap telah menyingguang dan melakuan setuayyu yang membua anda semakin tidak nyaman. Penting untuk anda ketahui iri dapat memotivasi anda menjadi luar biasaya. Tentu dengan berbagai catatan. Untuk itu mari kita bahas bagaiaman menjadikan iri menjadi sebuah motivasi.

  1. Tidak Semua Orang Sempurna

Perasaan iri bisa dilandaskan akan berbagai kemampuan yang dimiliki orang lain. Tidak saja kemampuan juga didasari oleh kepunyaan yang di atas anda. Penting untuk merubah pemikiran anda bahwa apa yang orang lain miliki belum tentu bahagia. Belum tentu memiliki sesuatu menjadikan menjadi lebih tenang dan sejahtera. Justru dari situlah anda perlu belajar bagaimana untuk menerima dan memotivasi diri. Selain itu, anggap bahwa semua orang belum tentu sempurna juga penting untuk anda sematkan dalam hati anda.

  1. Jadikan Iri Sebagai Pelecut Semangat

Perasaan iri memang tidak dapat dihidarkan dalam diri. Jangan sampai iri inilah yang justru akan menutup anda untuk bergerak. Justru jadikan sebuah pelejut semangat untuk menjadikan paling tidak sama dengan orang yang anda irikan itu. Jadikan iri menjadi sebuah perilaku yang positif. Adapaun perilaku itu berupa memusatkan perhatian untuk terus bergerak dan berubah.

  1. Iri Justru Menguatkan Hati Anda

Bagaiman bisa perasaan iri menjadi penguat hari. Iniilah yang menarik untuk dibahas. Ketika anda merasakan iri tentu seakan terbakar. Teman atau orang lain memiliki atau mendapatkan sesuatu akan semakin panas hati anda. Semakin menahan lama kelamaan hati akan terbiasa. Ketika tidak dapat melakukan seperti orang itu tentu anda berdiam diri dan memendam rasa iri itu. Memandam inilah yang justru akan semakin menguatkan hati anda. Sejalan waktu ketika mengalami hal yang sama tidak akan mengalami perasaan iri yang begitu luas biasa. Hanya biasa saja.

  1. Iri Merupakan Sifat Manusia, Sehingga Jangan Terus Dijadikan Sebuah Beban

Ketika rasa iri ini terus hinggap dalam diri anda. Jangan merasakan risau yang berkepanjangan. Justru risau inilah yang akan membuat anda jauh dari berkembang. Ubah pemikiran anda bahwa rasa iri merupakan sebuah sifat manusia yang selalu ada ketika orang lain memiliki atau mendapatkan sesuatau. Menjadi perhatian bagi anda adalah ubahlah rasa iri menjadi rasa motivasi dalam diri untuk melakuakan yang lebih.

  1. Sesekali Jangan Melihat ke Atas, Tetapi Melihat ke Bawah Juga

Perasaan iri yang hadir dalam diri anda karena sebuah sikap yang tidak mau melihat sisi lain dari kehidupan. Maksudanya anda tidak melihat orang lain yang kehidupannya jauh di bawah orang yang anda irikan itu. Di sinilah letak anda untuk bisa intropeksi diri. Bagaiman kehidupan itu tidak merata. Kehidupan yang dibawah tentu akan selalu merasakan iri yang di atasnya. Berbeda sikap yang harus anda lakukan, lihatlah kehidupan yang dibawahnya. Selain itu, perbanyak untuk bersyukur karena akan menjadikan kehidupan jauh lebih tenang dan tentram.

  1. Semua Orang memiliki Kesempatan yang Sama

Ketika dan iri terhadap keberhasilan orang lain. Segara ubah pemikiran bahwa  semua orang memiliki kesempatan yang sama. Kesempatan untuk menjadi suksesa dan kesempatan menjadi menusia yang bernilai. Tentu pemikiran ini harus anda selarasakan dengan tindakan yaitu berusaha dan bekerja keras untuk mengapai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *