Bisa Boleh Tetapi Jangan Merasa Bisa

Dapat melakukan sesuatu yang lebih dibandingkan orang lain tentu memiliki kebanggan tersendiri. Terlebih hal itu didapat berkat sebuah perjuangan yang berdarah-darah. Hal itulah yang akan meningkatkan kuadrat dari kepercayaan. Karena bisa melakukan sesuatu yang lebih itulah yang terkadang akan membuat anda menjadi manusia yang salah kaprah. Terkadang ketika bisa merasa berada di atas anggin dan menganggap orang lain berada di bawahnya. Ketika itu pasti yang terwujud berupa sikap yang senantiasa menggap remeh orang lain. Tidak saja itu, pasti akan merasakan sesuatu yang lebih dan cenderung mengabaikan orang di sekeliling anda.

Meskipun bisa karena usaha yang dilakukan secara maksimal. Namun, dalam praktiknya tidak akan mengubah kepribadian anda. Anda akan terus saja berada di level yang sama karena menganggap paling tinggi. Sedangkan orang lain yang melihat akan terus berusaha untuk terus melakukan perubahan. Untuk itu, penting bagi anda memahami sebuah kalimat bahwa bisa boleh tapi jangan merasa bisa.

  1. Pasti Ada Orang yang Akan Mengungguli Anda

Setiap orang diciptakan keberagaman oleh Tuhan. Sama halnya dengan kecerdasakan, meskipun terkadang telah dalam menyadari tetapi setiap orang berpontensi memilikinya. Bagi anda untuk itu jangan pernah merasa bisa karena semua orang nantinya akan dapat mengungguli anda. Mungkin sekarang berada di atas angin, tetapi entah besok karena kehidupan itu bisa berubah dalam sekejap apapun. Terlebih anda merasa bisa, perasaan inilah yang akan menutup anda untuk terus belajar.

  1. Egois Mengahancurkan Anda

Ketika merasa bisa tentu anda akan terhenti karena merasa paling tinggi. Di sinilah sebenarnya ada telah kehilangan sebuah konsep tentang pembelajar sepanjang hayat. Belajar tidak saja karena tidak bisa, tetapi ketika bisa pun anda wajib untuk belajar. karena dengan belajar itulah paling tidak akan mempertahankan kemampuan itu. Jangan cepat puas karena itu akan menghentikan anda.

  1. Anda Bisa Terhenti Kapan Saja

Perasaan merasa bisa yang hinggap dalam diri anda jangan dijadikan sebagai patokan yang jelas. Patokan yang sesungguhnya adalah bagaimana bisa menggunakan kemampuan itu untuk sesuatu yang bermanfaat. Ingat anda memiliki umur yang tidak tahu kapan terhenti. Ketika anda terkungkung dalam balutan keegoisan karena merasa mampu. Telah kehilangan kebaikan yang sesungguhnya akan terbawa ketika meninggal nanti. Untuk itu, meskipun merasa mampu jangan sesekali meremehkan orang lain. Terlebih berlaku sombong.

  1. Kemampuan Sekarang Memang Membanggakan tetapi Harus Terus Berkembang

Kepandain seseorang terus berkembang selayaknya teknologi. Ketika anda merasa mampu atau bisa kemudian tidak lagi belajar itu akan menhancurkan impian. Terlebih merasakan orang yang paling bisa dan tidak ada yang mengalahkan. Perasaan itulah yang justru secara perlahan akan melucuti kekampuan. Secara tidak sadar akan terhenti untuk berkembang dan Kemampuan anda akan segitu saja. Berbeda dengan orang lain. Terus berupaya melakukan evaluasi diri untuk maju.

  1. Kesuksesan Seseorang Tidak Akan Diketahui

Memiliki kemampuan yang lebih belum tentu menjamin seseorang sukses dalam kehidupan. orang yang sukses adalah orang yang bisa memanfaatkan peluang, membaca peluang, memiliki kreativitas dan relasi yang tinggi. Memiliki satu kemampuan saja belum tentu akan menjadi indikator dari kesuksesan. Untuk itu, ketika anda merasa mampu melakukan sesuatu jangan langsung menganggap orang lain tidak akan sukses. Justru tidak mengatahuinya orang lain memiliki kemampuan khusus.

  1. Belajar Untuk Merendah

Kebanyak ketika memiliki sesuatu, mendapatkan sesuatu, dan mampu terhadap sesuatu akan memiliki sifat yang tidak terpuji. Salah satu sifat itu berupa kesombongan. Sombong inilah yang justru akan membuat anda terkuras energi melakukan kesombongan. Tidak akan pernah berpikir bagaimana melakukan yang terbaik dari apa yang dimiliki. Selain itu, kesombongan juga telah menutup jalan. Menutup jalan bagi anda untuk menemukan kemampuan yang lain, yang mungkin dapat menjadikan anda jauh lebih istimewa. Untuk itu, ketika memiliki kelebihan dalam hal apapun penting memiliki perilaku yang merendah. Perilaku inilah yang justru akan menjadikan anda semakin dewasa dan bijak. Merendah tidak akan menjadikan anda disepelekan. Orang lain tidak melihat kemamuan anda. Justru akan dihormati secara lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *